Moci, Tahu Aci, dan Tari Endel Sebagai Budaya Asli Tegal

Indonesia, sebuah negara kepulauan yang terletak di Asia Tenggara. Dikenal oleh banyak pegiat wisata sebagai negara yang memiliki banyak budaya yang memukau. Sayangnya, tak semua budayanya banyak diekspos media luar. Salah satu yang jarang diekspos adalah budaya asal Kabupaten Tegal.

Kabupaten Tegal terletak di bagian barat laut provinsi Jawa Tengah. Daerah ini terkenal memiliki banyak gunung yang memanjakan mata. Tak banyak yang tahu kalau tempat ini juga punya banyak budaya asli yang patut diketahui oleh dunia. Contohnya yaitu Moci, Tahu Aci, dan juga Tari Endel.

Moci atau sering disebut Teh Poci merupakan minuman khas Tegal yang memiliki cara penyajian yang khas dan unik. Teh diseduh dalam poci tanah liat dan dituang ke dalam cangkir berisi gula batu yang juga terbuat dari tanah liat. Cangkir yang berisi gula batu dan teh ini tidak diaduk sehingga menghadirkan rasa yang khas. Pahit di atas, namun manis di bagian bawah. Mengandung makna, setelah pahit pasti ada manis dan setelah kesedihan pasti ada kebahagiaan.

Selanjutnya ada Tahu Aci. Tahu Aci merupakan jajanan khas daerah tegal. Selain Tahu Aci, jajanan ini juga kerap disebut Tahu Kuping ataupun Tahu Pletok. Jajanan ini terbuat dari tahu kuning yang dipotong dengan bentuk segitiga dan bagian yang dibelah tersebut diberi adonan yang merupakan campuran dari tepung kanji (tepung aci), daun kocai, dan bumbu-bumbu lainnya. Tahu ini begitu digemari oleh masyarakat Tegal sendiri, sehingga banyak sekali pedagang yang menjajakannya di pinggir jalan di Tegal.

Terakhir adalah Tari Endel. Tari Endel atau Tari Topeng Endel merupakan tarian yang diperkenalkan oleh Sawitri sejak tahun 1960. Tarian ini dilakukan oleh para penari wanita dengan menggunakan properti Topeng Endel. Topeng Endel merupakan topeng wanita yang disertai kostum endel. Para penari akan menari dengan diiringi gending lancaran ombak banyu laras slendro manyuro yang mana akan mempertontonkan sosok wanita Jawa yang sesungguhnya. Halus sikapnya, serta penuh dengan kelembutan nan keibuan.

Masih banyak sekali kebudayaan Tegal yang dapat memikat hati para wisatawan sekitar. Menurut penulis, ketiga budaya asli Tegal ini dan seluruh budaya Tegal patut dilestarikan dan dikenal oleh dunia. Sehingga dunia tahu bahwa tak hanya Bali saja yang punya segudang budaya unik, tapi Tegal juga punya.
Nonton Tari Endel ditemani Teh Poci dan juga Tahu Aci. Cocok sekali, bukan?

Komentar

Yuk, Kepoin yang Lain!

Review: Emina Bright Stuff Moisturizing Cream

[Puisi] Perasaanku yang Bisu

Buat Kamu yang Masih Bingung Dengan Cita-Citamu

5 Aplikasi Gratis Buat Kamu yang Hobi Baca!

Musikalisasi Puisi (Ada contohnya, guys!)

[ARTIKEL] PROBLEMATIK SISTEM RANKING DI SEKOLAH

[REVIEW] Alasan Kamu Harus Nonton Howl's Moving Castle!

[ARTIKEL] REVIEW NIVEA STRAWBERRY SHINE

Songfiction: Speechless