[ARTIKEL] PROBLEMATIK SISTEM RANKING DI SEKOLAH


Sumber: Pixabay

Bagi anak sekolah, akhir semester menjadi hal yang paling dinanti setiap tahunnya. Karena setelah satu semester berakhir, akan ada libur panjang yang menanti. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa akhir semester juga menjadi momok yang menakutkan bagi para siswa.

            Sebelum libur panjang dimulai, para siswa akan menerima laporan pembelajaran mereka selama satu semester di sekolah. Di momen ini, tentunya tak semua siswa merasa bahagia melihat nilai mereka. Ada beberapa anak yang mungkin merasa kecewa ketika melihat nilai mereka. Dan kekecewaan mereka akan bertambah parah ketika melihat peringkat mereka di sekolah. Pada akhirnya, waktu liburan mereka dihabiskan untuk merenungi nilai dan peringkat di sekolah.

            Sistem ranking memang sudah lama menuai pro-kontra di kalangan masyarakat, khususnya di kalangan para pelajar sendiri. Beberapa masyarakat berpikir bahwa sistem rangking merupakan sistem yang bagus. Sistem ini dianggap bisa memacu siswa untuk terus semangat belajar. Siswa akan terpacu untuk meningkatkan nilai mereka di semester depan. Tetapi tak sedikit juga masyarakat yang berpendapat pemerintah tak perlu menerapkan sistem ranking. Karena sistem seperti ini dapat berdampak buruk pada siswa. Siswa yang memiliki nilai rendah akan merasa stress bila melihat kedudukannya di sekolah.

            Ketika peringkat diumumkan, siswa yang berperingkat rendah akan merasa malu dan rendah diri. Apalagi bila peringkat tersebut diumumkan secara terang-terangan oleh pihak sekolah. Belum lagi, bila orangtua mereka menganggap memiliki peringkat tinggi merupakan suatu keharusan. Perasaan mereka yang terluka karena peringkat rendah akan semakin terluka karena kemarahan orangtua mereka sendiri. Mereka akan menjadi stress dan tak bisa menikmati liburan mereka dengan baik.

            Karena sistem ini, tak sedikit siswa yang mati-matian berusaha meningkatkan nilai mereka. Mereka akan berusaha untuk meningkatkan peringkat mereka tak peduli walau harus menggunakan cara curang sekalipun. Sistem ini bukannya membuat siswa giat mendapat pengetahuan, tetapi malah membuat siswa gila mendapat nilai bagus.

            Pertanyaannya, masih perlukah sistem ranking diterapkan di sekolah? Jawabannya akan bervariasi, tergantung pemikiran Anda sendiri. Tetapi coba ingat-ingat lagi masa-masa sekolah Anda. Supaya Anda bisa menjawabnya menggunakan pikiran dan juga pengalaman Anda sendiri.



Komentar

  1. hai fitristarius .. menurutku sistem rangking di sekolah itu perlu .. itu untuk memacu siswa untuk lebih giat belajar. Walaupun nanti sistem rangking tidak digunakan untuk masuk UNiv. Tapi, aku tidak menentang mereka yang mengatakan tidak perlu .. Setiap orang mempunyai opinion yg berbede beda .. Tapi .. Ingat peringkat bukan segalanya ... Apapun itu hasilnya bersyukur lebih utama .. Hargai usaha .. Tingkatkan tekat .. Untuk masa depan yg lebih baik ..

    BalasHapus

Posting Komentar

Yuk, Kepoin yang Lain!

Review: Emina Bright Stuff Moisturizing Cream

[Puisi] Perasaanku yang Bisu

Buat Kamu yang Masih Bingung Dengan Cita-Citamu

5 Aplikasi Gratis Buat Kamu yang Hobi Baca!

Musikalisasi Puisi (Ada contohnya, guys!)

Moci, Tahu Aci, dan Tari Endel Sebagai Budaya Asli Tegal

[REVIEW] Alasan Kamu Harus Nonton Howl's Moving Castle!

[ARTIKEL] REVIEW NIVEA STRAWBERRY SHINE

Songfiction: Speechless