Buat Kamu yang Masih Bingung Dengan Cita-Citamu


Cita-cita ....
Kata yang kerap dipertanyakan padamu sejak kamu baru mengerti bacaan, hingga kamu berpusing ria dengan pelajaran.

Cita-cita ....
Pertanyaan yang dapat dijawab mudah ketika kanak-kanak dan menjadi sulit ketika kamu menginjak remaja.

Sekarang ....
Izinkan aku bertanya.



Apa cita-citamu?



Sudah tahu?



Apa kamu yakin jawaban itu tidak akan berubah ketika aku bertanya padamu tahun depan?


Hm, buat kamu yang menjawab tidak, izinkan aku berbagi padamu beberapa hal.

Kamu sudah naik tingkat. Kamu bukan lagi manusia yang bergelar anak kecil. Kamu kini bergelar remaja.

Ketika dulu kamu mengungkap cita-citamu, mereka hanya mengangguk mengerti. Mungkin juga sebagian tak peduli. Karena pikirnya kamu masih kecil dan masih belum mengerti.

Tapi,

Ketika sekarang mereka memintamu mengungkap cita-citamu, jawabanmu akan dianggap serius. Beberapa tahun lagi, mereka akan menantimu berhasil menggapai cita-cita yang kamu ungkapkan itu.

Kawan, memantapkan cita-citamu itu penting. Kamu harus sudah tahu pasti jawaban pertanyaan "Besok kamu mau jadi apa?"

Karena kalau kamu masih bingung, kamu takkan fokus pada masa depanmu. Kamu akan bingung memilih jurusanmu. Bahkan ketika kamu di SMA. Dan bisa saja, ketika kamu sudah memilihnya, kamu malah merasa salah jurusan karena ketidakyakinanmu itu.

Semua bidang akan kamu tekuni. Tak peduli apakah itu akan berguna untukmu nanti. Karena kamu sendiri tak tahu kamu mau jadi apa nanti.

Ketika kamu mantap dengan cita-citamu, kamu akan lebih termotivasi belajar. Karena kamu tahu kamu mau jadi apa. Dan kamu akan punya energi lebih untuk belajar pada bidang yang ingin kamu tekuni. Karena kamu tahu kamu mau jadi apa.

Karenanya, ayo kita mantapkan cita-cita kita.

Kalau kamu masih bingung kamu mau jadi apa, kamu bisa mencari cita-citamu dari tiga hal ini.

1. Hobi

Kamu pasti punya hobi. Dan mungkin di dalam daftar hobimu itu, ada satu poin yang kamu ingin tekuni di masa depan. Kamu bisa mulai mencari tahu soal hobi yang ingin kamu tekuni itu.

Ajukan pertanyaan ini pada dirimu sendiri! Apakah nantinya akan cocok untukmu bila poin itu tak lagi menjadi sekadar hobi?

2. Keinginan

Kamu bisa menggali keinginanmu. Bila perlu buat daftar cita-cita yang ingin kamu capai. Setelahnya, kamu cari segala hal mengenainya. Dari mulai apa yang harus kamu pelajari hingga apa yang harus kamu kerjakan bila nantinya kamu memang menggeluti bidang itu.

Terakhir, tanyakan lagi pada dirimu. Apakah nanti kamu akan cocok bila berkecimpung di bidang itu?

3. Kemampuan

Buat kamu yang bilang kamu nggak punya kemampuan sama sekali, aku mau bilang kalau kamu keliru. Dan mungkin kamu sedikit putus asa. Percayalah! Pasti ada paling tidak satu hal dari dirimu yang bisa kamu banggakan. Itulah kemampuanmu!

Bila kamu sudah menyadari kemampuanmu, cari tahu tentang hal itu. Kemudian tanyakan pada dirimu, apa kamu yakin kamu cocok untuk menggeluti bidang ini.


Itulah beberapa hal yang bisa diriku bagi denganmu. Aku ingin menambahkan satu hal. Terkait pertanyaan "Apa kamu yakin kamu akan cocok?"

Cocok yang kumaksud adalah ketika kamu berada di dalamnya kamu merasa nyaman dan tak terkekang. Kamu merasa bahwa bidang itu kamu sekali dan kamu merasa ketika nanti kamu menggeluti bidang itu kamu akan merasa punya energi lebih di dalamnya.

Oh, iya!

Kalau kamu masih belum menemukan cita-citamu, kamu mungkin masih terjebak dalam ego dan gengsimu. Cita-citamu mungkin tertutupi oleh pandangan orang yang kamu terima mentah-mentah.

Karena semua yang inginku ungkapkan telah terungkap, ada baiknya bila aku mengakhiri ketikan panjangku pada hari ini. Aku tahu kamu mungkin mulai capek melihatnya.

Jadi ... dadah!

Komentar

Posting Komentar

Yuk, Kepoin yang Lain!

Review: Emina Bright Stuff Moisturizing Cream

[Puisi] Perasaanku yang Bisu

5 Aplikasi Gratis Buat Kamu yang Hobi Baca!

Musikalisasi Puisi (Ada contohnya, guys!)

Moci, Tahu Aci, dan Tari Endel Sebagai Budaya Asli Tegal

[ARTIKEL] PROBLEMATIK SISTEM RANKING DI SEKOLAH

[REVIEW] Alasan Kamu Harus Nonton Howl's Moving Castle!

[ARTIKEL] REVIEW NIVEA STRAWBERRY SHINE

Songfiction: Speechless