5 Aplikasi Gratis Buat Kamu yang Hobi Baca!

Gambar: Pixabay

Dewasa ini, aplikasi e-book gratis semakin banyak berseliweran di Google Play Store. Tak dapat dielak bahwa aplikasi sejenis ini benar-benar membantu bagi mereka yang suka membaca. Belum lagi, dari yang Fitristarius pantau, sebelum aplikasi seperti ini bermunculan, jarang sekali ditemukan remaja yang membaca di tempat umum. Apalagi di pedesaan. Mungkin saja pengaruhnya adalah toko buku yang terletak jauh dari rumah dan perpustakaan di desa yang tidak memadai. Dengan munculnya aplikasi gratis seperti ini, tentunya benar-benar membantu mereka yang kesulitan mendapat buku. Hm, semoga di masa mendatang, toko buku semakin mudah dijangkau ya, kawan.

Dari data dan pengalaman yang sudah didapatkan, Fitristarius berhasil mengumpulkan 5 aplikasi gratis yang sangat direkomendasikan buat kamu yang gemar baca. Eits, di postingan ini, Fitristarius tidak hanya merekomendasikan aplikasi yang berisi e-book fiksi, tapi Fitristarius juga merekomendasikan ke kamu aplikasi yang punya banyak sekali e-book non-fiksi.

Penasaran 'kan? Langsung aja scroll ke daftar rekomendasi kita dibawah ini!

5. Sweak
Gambar didapat dari Google Play Store

Di Sweak, kamu bisa membaca dan juga menulis ceritamu sendiri. Walau masih asing di telinga, tetapi aplikasi ini patut dicoba karena fiturnya yang lumayan kece. Sweak kerap mengadakan berbagai kompetisi yang bisa penggunanya ikuti. Tentunya setiap kompetisi ada hadiahnya, ya. Aplikasi Sweak sendiri sudah mendapat rating 3,8 dan 6 ribu ulasan di Play Store, jadi kamu nggak perlu ragu buat unduh aplikasi ini.

4. Line Webtoon

Gambar didapat dari Google Play Store

Loh, loh, kenapa Line Webtoon bisa masuk di daftar rekomendasi, sih? Kawan, perlu diingat bahwa komik juga termasuk bacaan. Jadi, wajar saja bila aplikasi ini masuk rekomendasi.
Line Webtoon merupakan aplikasi baca komik yang dibuat oleh Naver. Aplikasi ini punya banyak sekali penggemar di Indonesia. Mungkin yang jadi alasan aplikasi ini punya banyak penggemar adalah tampilan lamannya yang bagus dan juga komik-komiknya yang menghibur. Buat kamu para pecinta komik ataupun pecinta bacaan yang ringan, kamu wajib unduh aplikasi ini. Psst! Line Webtoon sekarang punya fitur baru, loh. Webnovel namanya.

3. iPusnas
Gambar didapat dari Google Play Store

Fitristarius yakin, pasti setengah pembaca postingan ini masih asing dengan aplikasi ini. iPusnas adalah aplikasi yang dibuat oleh Perpustaan Nasional. Di iPusnas, kamu bisa meminjam buku yang tersedia di sini. Kalau Fitristarius lihat, buku-buku yang ada di aplikasi ini cukup banyak dan isinya pun bagus-bagus. Kamu bisa menemukan banyak buku fiksi maupun non-fiksi di sini. Dari buku sekolah hingga buku referensi, semua ada di sini. Sayangnya, aplikasi ini masih sulit digunakan. Kadang terjadi kendala yang membuat aplikasi ini tiba-tiba terhenti. Walau begitu, aplikasi ini Fitristarius rekomendasikan karena bukunya yang kece. Bahkan, Fitristarius menemukan banyak buku yang bila dibeli di toko buku, harganya bisa jadi cukup mahal bagi remaja.

2. Storial.co

Gambar didapat dari Google Play Store

Hm, Fitristarius rasa aplikasi ini bisa disebut aplikasi e-book yang terlaris nomor dua. Aplikasi ini cukup banyak di kenal di Indonesia. Di sini, kamu bisa membaca dan menulis. Sama seperti Sweak, Storial.co juga kerap mengadakan kompetisi yang bisa diikuti para penggunanya. Memang sih, ada beberapa buku yang berbayar. Tapi perlu kamu ketahui bahwa bayaran tersebut akan menjadi royalti bagi penulis buku tersebut. Ibaratnya kamu membayar untuk menghargai si penulis. Bagi kamu yang menulis di sini, kamu bisa menjadikan bukumu berbayar dan mendapat royalti dari tulisanmu itu.

1. Wattpad
Gambar didapat dari Google Play Store

Siapa sih yang nggak kenal aplikasi ini? Kalau Storial.co nomor dua, maka Wattpad adalah nomor satunya. Aplikasi ini punya banyak penggemar di Indonesia. Ada yang sekadar membaca dan ada pula yang turut menulis. Sudah banyak buku di sini yang diterbitkan oleh penerbit. Bahkan banyak juga karya dari Wattpad yang dibuat film. Setiap tahun Wattpad mengadakan event Wattys yang bisa diikuti para penulis Wattpad yang telah memenuhi syarat. Syaratnya pun setiap tahun mengalami perubahan. Pokoknya Fitristarius benar-benar merekomendasikan aplikasi ini buat kamu, deh.


Itulah 5 aplikasi yang direkomendasikan oleh Fitristarius buat kamu yang hobi baca. Semoga aplikasi ini dapat bermanfaat buat kamu semua yang baca, ya.

Sampai jumpa!


Komentar

Yuk, Kepoin yang Lain!

Review: Emina Bright Stuff Moisturizing Cream

[Puisi] Perasaanku yang Bisu

Buat Kamu yang Masih Bingung Dengan Cita-Citamu

Musikalisasi Puisi (Ada contohnya, guys!)

Moci, Tahu Aci, dan Tari Endel Sebagai Budaya Asli Tegal

[ARTIKEL] PROBLEMATIK SISTEM RANKING DI SEKOLAH

[REVIEW] Alasan Kamu Harus Nonton Howl's Moving Castle!

[ARTIKEL] REVIEW NIVEA STRAWBERRY SHINE

Songfiction: Speechless